Selasa, 30 Mei 2017

Andescot Komunitas peduli Lingkungan, Coral Bleaching di kota Sabang


Gambar. Komunitas Andescot

Andescot Adalah sebuah Komunitas pemuda pemudi kota Sabang, Andescot atau singkatan dari Aneuk Desa Cot Ba'u. sebelum adanya nama komunitas Andescot merupakan sebuah perkumpulan remaja putra dan pemuda Jurong Mulia Gampong Cot Bau. Pada tanggal 07 bulan 07 Tahun 2014 perkumpulan ini resmi menamakan dirinya Andescot melalui musyawarah persiapan Pawai takbiran Idul Fitri 1436 Hijrah. Selain mengikuti pawai nama ini juga di gunakan untuk Tim Olahraga Futsal, dan merekrut pemuda dan pemudi Gampong Cot Bau untuk bergabung, demi kekompakan dan Kemajuan Gampong. pada tahun 2016 Andescot memilih Anizul Farmi sebagai Ketua Komunitas dan menyusun struktur Komunitas. Komunitas ini bertujuan membawa perubahan untuk kota Sabang melalui Aksi nyata dari segala bidang
Saat ini anggota Andescot berjumlah 45 Pemuda-Pemudi dari seluruh kota Sabang, data ini berdasarka jumlah Anggota dalam grub komunitas (BBM, Line, & WA). Sebagian besar anggota adalah siswa dan  Mahasiswa. Yang memiliki Prestasi dan potensi yang berbeda-beda. Sejak terbentuknya struktur komunitas ini lebih berfokus kepada lingkungan, baik lingkungan dimana Andescot berasal (Jurong Mulia) juga seluruh kota sabang, beberapa kegiatan yang di Selenggarakan dan Berpartisipasi oleh Andescot, di Antaranya. Gotong Royong Jurong Mulia, Camping Bahari 2016, Gotong Royong Kepedulian Karantina Haji Tertua Nusantara, Pembersihan Pantai, Pembersihan Terumbu Karang Gampong Jabor, dan pemantauan Coral Bleaching Bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Sabang.

Pemutihan terumbu karang atau coral bleaching makin parah dan mengancam kelestarian terumbu karang. Pemutihan terumbu karang atau coral bleaching adalah perubahan warna pada jaringan karang dari yang semula berwarna kecoklat-coklatan atau kehijau-hijauan berubah menjadi putih pucat. Coral bleaching merupakan peristiwa lepasnya alga yang bersimbiosis (zooxanthela) yang merupakan tempat bergantungnya polip karang untuk mendapatkan makanan. Karang sendiri merupakan sebuah koloni yang terdiri atas binatang-binatang kecil (disebut polip) yang kemudian membentuk terumbu. Pemutihan ini disebabkan oleh peningkatan suhu permukaan laut yang terus menerus. Suhu permukaan laut yang meningkat 1 celcius saja, selama satu minggu, mampu menyebabkan kerusakan jangka panjang pada ekosistem terumbu karang.
Banyak penyebab yang dapat membuat karang memutih. Penyebab utama pemutihan karang dalam skala luas adalah kombinasi dari kenaikan temperatur air laut dan intensitas cahaya. Selain itu pemutihan terumbu karang dapat diakibatkan oleh penyakit, racun (bahan kimia), dan lain-lain.
 Gambar. Tim Diving dari Komunitas Andescot dan Dinas kelautan sedang melakun
                pemantauan, pembersihan, dan penataan blok media terumbu karang


Hasil pemantauan  dan Perawatan Dinas Perikan dan Kelautan Bekerja sama dengan WCS (Wildlife Conservation Society) tahun 2015-2016  Lalu, hampir seluruh perairan Kota Sabang terkenak BLEACHING, yang membuas cemas semua orang, karena Kota Sabang terkenal dengan Kota Wisata Bahari dengan keindahan Alam bawah lautnya. Upaya penyelamatan dengan cara pembuatan balok media terumbu karang, dan penataan balok terumbu karang di kedalaman.


          Gambar. Hasil Pembersihan terumbu karang

Pada 25 Agustus 2016  Komunitas Andescot ikut ambil andil dibawah dampingan dinas kelautan dan perikanan kota Sabang melakukan pemantauan serta membersihkan balok media terumbu karang yang tertutup sampah, maupun penataan ulang media terumbu karang yang terseret arus, pada musim timur lalu dan pendataan sejumlah karang yang terganggu oleh keadaan alam lainnya. hingga Akhir Juli 2016 lalu, kondisi terumbu karang di lokasi Konsrvasi, baik karang alami maupun tranpantasi, khususnya di wilayah perairan Ie meulee dan Anoi Itam kota Sabang mulai pulih 60%- 70% 

Gambar. Komunitas Andescot di undanga dalam acara Seuramo Putro, salah satu program Inspirasi TVRI Aceh, Sebagai komunitas Kreatif pemanfaatan Sampah Laut

Atas dasar, pembersihan pantai, pembersihan terumbu karang dan pemantauan Coral Bleaching di Kota Sabang, Kami memanfaatkan karang mati dan sampah laut menjadi kerajinan tangan, merupakan kegiatan unggulan Komunitas Andescot, Yang menjadi Lambang kepedulian Andescot terhadap Lingkungan.

Sekret Jln M . saleh, Jurong mulia Cot Bau.

Hp. 085296151108
Ig. @Andes_cot
Fb. Andescot


Tidak ada komentar:

Posting Komentar