Jumat, 17 Juli 2015

Teknik Dasar Efflurase, Petrisage, Friction

 Effleurage /Stroking (Melulut Atau Menggosok) 

Effleurase merupakan manjaan pertama dalam massage, menggosok dilakukan diseluruh badan yang akan dimassage manipulasi ini Menggunakan jari tangan, telapak tangan, ataupun punggung tangan. Gerakan melulut ini selalu kearah jantung, dilakukan secara kontinyu dengan tekanan menyesuaikan. Tekanan lemah bila dilakukan untuk kulit dan agak keras sampai keras untuk jaringan bawah kulit(subcutant).

Tujuan diberikan effleurage adalah untuk menetapkan kontak fisik dengan pasien agar tidak terasa asing, berdampak positif secara fisiologis dengan mempercepat pergantian metabolisme dan sangat cocok untuk treatment kecantikan.
Vidio Efflurase, sumber https://www.youtube.com/watch?v=pPdJAYdjkdc

Petrisage

Gambar  Petrisage
 Petrisage /Kneading (Meremas)
Tenik ini dilakukan untuk melemaskan jaringan otot yang akan di massage,  denngan cara Meremas dengan jari dan tangan dimulai mengangkat, menjepit jaringan otot, mencomot dan meremas. Gerakan meremas dilakukan secara bergantian antara tangan kanan dan kiri.

Tujuan manipulasi ini untuk mengembangkan elastisitas, mengaktifkan aliran darah, memperbaiki pergantian nutrisi dan pembuangan,merangsang syaraf motorik,
memperbaiki fungsi otot dan sangat bagus untuk olahragawan dan pekerja keras.

Vidio Efllurase, Sumber https://www.youtube.com/watch?v=pPdJAYdjkdc

Friction

Friction /Rubbing (Gerusan)
teknik friction menggunakan tagiang tangan yang memiliki tekakanan kuat, Menggerus dengan menggunakan jari jempol, kepalan tangan, pangkal telapak tangan atau dengan siku tangan.

Bertujuan untuk melancarkan system sirkulasi darah, menimbulkan hiperamia, pembesaran serabut otot dari refleks vaskuler, hormonal dan syaraf, baik untuk schele post trauma (regenerasi jaringan) dan akan mengurangi rasa nyeri otot.

Vidio fricktion, sumber: https://www.youtube.com/watch?v=oS4lHkturL4

Tidak ada komentar:

Posting Komentar